About

Terkadang media menjadi salah satu cara untuk mencitrakan sesuatu. barangkali ‘politik pencitraan’ sudah menjadi barang yang lumrah di kalangan masyarakat bangsa kita. Contoh kasus beberapa pemilu yang terjadi di beberapa daerah dan dimenangkan oleh para selebritis yang mendadak banyak yang berpindah haluan ke dunia politik.

Diakui ataupun tidak, namun begitulah faktanya. Kenyataannya tatanan sosial masyarakat kita bergerak semakin pragmatis. Mudah sekali dikendalikan oleh media terutama televisi. Selain juga karena masalah pendidikan yang tak juga mengenai substansi masalah tapi malah berorientasi nilai yang sifatnya praktis. akibatnya semua diukur dengan ‘nilai’. Dampaknya adalah lahirnya kurikulum dan arahan pendidikan yang tak tentu arah.

Fenomena merebaknya lembaga bimbingan belajar khususnya di kota-kota besar sejatinya menunjukkan kegagalan pendidikan di Indonesia. Sekolah yang seharusnya menjadi garda terdepan malah seperti dilangkahi. Profil atau output yang dihasilkan pun semakin tidak beres. Yang ada sekarang adalah lulus bimbingan tes untuk masuk dunia kampus. Mungkin hanya sedikit yang sadar tentang tujuan dari pendidikan. Dari yang sadar itu lebih sedikit lagi orang-orang yang mau berbuat.

Kampus adalah tempat seseorang untuk berdialektika mencari suatu kebenaran ilmiah. Bukan hanya sekedar terukur dari ‘nilai’. Maka tak jarang akibat orientasi seperti itu minat seseorang untuk meneliti dan mengembangkan sesuatu menjadi hampir tidak ada.

Inilah yang menjadi sebab mengapa tatanan sosial masyarakat kita terbentuk seperti ini. walhasil nilai demokrasi yang selalu digelontorkan hanya jadi angin lalu karena masyarakat kita yang tidak siap. Barangkali yang ada pada kebanyakan mereka hanya sekedar menginginkan kehidupan ekonomi yang lebih baik.

Seluruh gerakan politik apapun pasti akan terkait dan tergantung dari keadaan ekonomi. dan gerakan politik itu sendiri lahir sebagai akibat dampak seseorang yang tercerdaskan.

Mari kita cerdaskan bangsa!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: