Laporan dari Taipei…

美好的一天

Apa yang ada dalam pikiran Anda tentang Taiwan? Boyband? Girlband? F4?

Atau Anda belum tahu Taiwan itu dimana?

“Taiwan itu sebelah mananya Cina ya?” “Taiwan itu Negara atau Kota?”

Disebut sebagai Formosa alias beautiful Island di masa silam, Taiwan terletak di sebuah pulau di sebelah barat Samudera Pasifik. Setelah kemenangan Partai Komunis di Cina, orang-orang yang dahulunya tergabung dalam Republic of China (ROC), segera mengungsi ke pulau ini. Mungkin Anda masih ingat bagaimana dalam sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah, bahwa Chiang Kai Sek dan bawahan-bawahannya membangun pemerintahan lanjutan dari ROC setelah kalah dari Partai Komunis.

Oke, itu sekilas sejarahnya, sekarang saya ingin bercerita bagaimana kota Taipei. Sistem transportasi publiknya ada dua yang utama, bus dan MRT (Mass Rapid Transit *kereta listrik itu loh). Dan yang membuat saya cukup kagum adalah budaya bersih dan rapi di kota ini (tidak semua tempat tapi hampir semua sih). Anda bisa berkeliling2 Taipei dengan nyaman…

Kebetulan saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi di negara ini, tepatnya NTUST (National Taiwan University of Science and Technology).

Di kantin NTUST ternyata dijual juga makanan halal yang disertifikasi oleh forum ulama di Taiwan. Atau kalau kebingungan tentang daging, bisa juga dicoba makanan ala vegetarian yang kebetulan harganya cukup murah juga.

Beberapa kali saya mencoba menjadi vegetarian..😀

Taipei ternyata kota yang cukup “ramah” bagi orang Islam, sekalipun jumlahnya minoritas. Bagi yang khawatir tentang makanannya, apakah halal atau tidak, bisa dicek di http://tainanhalal.blogspot.com/

Udara di Taiwan bisa berganti-ganti cukup ekstrem. Perlu diingat ia termasuk negara empat musim. Saat saya pertama menginjakkan kaki di Taipei, cuacanya cukup dingin, mungkin untuk orang Bandung agak-agak mirip Lembang. Namun, terkadang dinginnya pun bisa berganti sampai dibawah 10 derajat celsius! Jadi selalu perhatikan ramalan cuaca di internet…😀

Karena empat musim, maka jadwal shalat pun bisa berubah drastis. Saya menyarankan bagi Anda yang Muslim untuk selalu memperhatikan jadwal shalat per pekan. Di NTUST, ada mushola yang bisa digunakan, biasanya di sana juga sering ada orang-orang dari daerah Arab atau Pakistan. Jadi sejauh ini saya rasakan tidak terlalu ada masalah yang berarti bertalian dengan ritual peribadatan.

Anda harus tahu lokasi tempat tinggal, kampus dan tempat2 penting, saya sarankan selalu bawa kartu yang menyertakan alamat kampus atau lokasi tempat yang dituju. Orang-orang lokal di Taiwan jarang yang bisa berbahasa Inggris, jadi Anda harus menunjukkan huruf mandarin supaya lebih jelas. Peta MRT atau rute bus setidaknya cukup membantu jika Anda mau mencoba berkeliling di Taipei. Dan selalu sediakan uang receh untuk pergi kemana-mana.

Anda tertarik ke Taipei? Ok, Setidaknya ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum Anda berangkat:

  1. Pastikan semua dokumen yang diperlukan Anda bawa (lengkap dengan legalisasinya, kalau tertinggal bisa repot nanti)
  2. Persiapkan pakaian secukupnya (Anda harus tahu cuaca di sana bagaimana, apakah sedang winter, summer, dsb)
  3. Kenali budaya di sana (ini bertalian dengan keperluan keagamaan Anda, etika sopan santun, dsb)
  4. Jangan lupa uang secukupnya (tukarkan saja dulu di Indonesia)

Sekian laporan dari saya…. cerita menariknya nanti lagi di lain waktu😀

Taipei, 16 Februari 2012

愿和平降临你

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: