Bani Israil

Aku takut seperti bani israil
Yang menganiaya diri sendiri
Akibat menjadikan anak lembu sebagai sembahan di samping Allah,
Dikiranya dengan anak lembu bisa memberikan suatu ketetapan?
Dikiranya dengan akalnya belaka manusia bisa memberikan resolusi?

Aku takut seperti bani israil
Yang bebal ingin melihat tabir Allah secara terang
Karena tidak mengimani apa yang telah disampaikan kepadanya
Subjektivitas yang mengalahkan objektivitas
Melahirkan argumen yang sentimentil dan penuh tendensi

Aku takut seperti bani israil
Yang mengganti perintah Allah dan Rasul-Nya
Yang mengganti huruf-huruf dalam Taurat
Ketika perintah Allah itu datang
“Pergilah bersama Tuhanmu” kata mereka

Aku takut seperti bani israil
Yang tidak sabar dengan satu macam makanan!
Tidak tahan terhadap satu ketentuan!
Karena merasa diri ummat pilihan! Merasa diri sudah “benar”
Kesombongan yang meracuni hati dan pikiran!

Oh!!

Aku takut seperti Bani Israil!!


3 responses to “Bani Israil

Leave a Reply

